Pengeboran Geoteknik dan Investigasi Tanah

Pengeboran Geoteknik dan Investigasi Tanah

Keberhasilan pelaksanaan sejumlah besar teknik konstruksi geoteknik khusus memerlukan pengeboran coring yang efisien dan aman melalui setiap dan semua kondisi tanah. Cara dan metode yang tidak tepat pada kenyataannya dapat memperburuk kondisi tanah atau kondisi struktural yang ingin diperbaiki oleh teknik konstruksi.

Coring dan Pengambilan Sampel Inti

Sampel inti adalah bagian silinder (biasanya) zat yang terbentuk secara alami. Sebagian besar sampel inti diperoleh dengan mengebor dengan bor khusus ke dalam zat, misalnya sedimen atau batuan, dengan tabung baja berlubang yang disebut bor inti. Lubang yang dibuat untuk sampel inti disebut “core bowling”.

Bragam sampel inti tersedia untuk mengambil sampel media yang berbeda dalam kondisi yang berbeda. Lebih banyak lagi yang terus ditemukan secara teratur. Dalam proses coring, sampel didorong lebih atau kurang utuh ke dalam tabung. Setelah dikeluarkan dari tabung di laboratorium, itu diperiksa dan dianalisis dengan berbagai teknik dan peralatan tergantung pada jenis data yang diinginkan.

Sampel inti dapat diambil untuk menguji sifat-sifat material buatan manusia, seperti beton, keramik, beberapa logam dan paduan, terutama yang lebih lunak. Sampel inti juga dapat diambil dari makhluk hidup, termasuk manusia, terutama tulang seseorang untuk pemeriksaan mikroskopis guna membantu mendiagnosis penyakit.

Pengujian Lapangan dan Laboratorium

SUPRA menawarkan berbagai macam uji laboratorium yang dapat dilakukan pada tanah untuk mengukur berbagai macam sifat tanah. Beberapa sifat tanah bersifat intrinsik bagi komposisi matriks tanah dan tidak terpengaruh oleh gangguan sampel, sedangkan sifat lainnya bergantung pada struktur tanah serta komposisinya, dan hanya dapat diuji secara efektif pada sampel yang relatif tidak terusik. Beberapa pengujian tanah mengukur sifat langsung tanah, sementara yang lain mengukur “sifat indeks” yang memberikan informasi berguna tentang tanah tanpa secara langsung mengukur sifat yang diinginkan.

    • Pengumpulan Sampel dengan metode open hole, touch coring atau full coring.
    • Uji Insitu meliputi Uji RQD, SPT, Uji Packer dan Uji Permeabilitas sesuai standar ASTM dan SNI.
    • Pekerjaan Laboratorium untuk mengidentifikasi sifat fisik dan uji mekanik sesuai standar ASTM dan SNI.
    • D-CPT dan CPT untuk mengidentifikasi kekuatan tanah untuk keperluan konstruksi.
  • Comprehensive Water Resources Management Services Company

  • Media Sosial

    facebook
    linkedin
    youtube
    twitter
  • Siapa sedang Aktif

    6 pengunjung sedang aktif sekarang
    3 tamu, 3 bot, 0 anggota
Call Now Button