Penginderaan Jauh dan GIS untuk Pemetaan Air Tanah

Indikator air tanah penginderaan jauh memberikan data yang berguna jika cara konvensional tidak tersedia

Eksplorasi airtanah membutuhkan ide unit litologi, disposisi struktural, pengaturan geomorfik, kondisi air permukaan, vegetasi, dll. Ini dapat diperoleh dengan menggunakan penginderaan jauh (RS). Penginderaan jauh terintegrasi dan GIS banyak digunakan dalam pemetaan air tanah karena memberikan pendekatan yang lebih nyaman dan hemat biaya dibandingkan dengan metode invasif dengan munculnya sejumlah citra satelit.

Penginderaan jauh adalah penggunaan energi yang dipantulkan dan dipancarkan untuk mengukur sifat fisik objek yang jauh dan lingkungannya. Pengukuran relatif dan absolut dapat dianalisis dan diinterpretasikan untuk menghasilkan kesimpulan yang berarti tentang kondisi airtanah potensial di daerah tersebut. Data penginderaan jauh sangat akurat, cepat dan andal dibandingkan dengan pengumpulan data konvensional. GIS adalah alat untuk menyimpan, memanipulasi, mengambil dan menyajikan data spasial dan non-spasial dengan cara yang cepat, efisien dan terorganisir. Kombinasi alat-alat ini memberi kita pendekatan yang komprehensif dalam mengeksplorasi air tanah untuk pemahaman yang lebih baik tentang karakterisasi air tanah.

Di SUPRA, kami fokus pada penyediaan data penginderaan jauh untuk pemetaan air tanah yang terdiri dari

  • Karakterisasi akuifer: pemetaan parameter biofisik permukaan, parameter hidrolik tanah dan pemetaan kelembaban tanah, dan pemetaan hasil spesifik akuifer;
  • Dinamika air tanah: pemetaan dan penilaian pengisian ulang air tanah, anggaran air dan kuantifikasi perubahan musim, serta dampak dan umpan balik ekosistem dan perubahan iklim;
  • Pemodelan dan kalibrasi / validasi untuk menilai dinamika air akuifer menggunakan data penginderaan jauh.

Penginderaan jauh dengan keunggulan ketersediaan data spasial, spektral dan temporal yang mencakup area yang luas dan tidak dapat diakses dalam waktu singkat telah menjadi alat yang sangat berguna dalam menilai, memantau dan melestarikan sumber daya air tanah. Data satelit memberikan informasi dasar yang cepat dan berguna tentang parameter yang mengendalikan kejadian dan pergerakan air tanah seperti geologi, litologi / struktur, geomorfologi, tanah, penggunaan / tutupan lahan, kelurusan dll. Tujuan dari eksplorasi air tanah berbasis penginderaan jauh adalah untuk menggambarkan semua kemungkinan fitur yang terhubung dengan lokalisasi air tanah. Data, yang dikeluarkan dari penginderaan jauh, mendukung keputusan terkait pembangunan berkelanjutan dan pengelolaan air tanah.

Remote Sensing - GIS - Penginderaan Jauh Air Tanah - Groundwater
  • Comprehensive Water Resources Management Services Company

  • Media Sosial

    facebook
    linkedin
    youtube
    twitter
  • Siapa sedang Aktif

    4 pengunjung sedang aktif sekarang
    2 tamu, 2 bot, 0 anggota
Call Now Button