Sistem Manajemen Kebocoran Air Cerdas

Sistem Manajemen Kebocoran Air Cerdas

September 6, 2021
/ / /
Comments Closed

Siaran Pers: Pelaksanaan Proyek Percontohan untuk Sistem Manajemen Kebocoran Air Cerdas di Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia

WI.Plat Co., Ltd. (WI.Plat), Perumda Air Minum Tirta Bumi Wibawa (TBW) dan PT SUPRA Internasional Indonesia (SUPRA) sepakat untuk membangun kerjasama dengan menandatangani nota kesepahaman (MoU) tentang “Pengelolaan Sistem Manajemen Kebocoran Air Cerdas di Kota Sukabumi, Indonesia”. Penandatanganan MoU berlangsung di Kantor Pusat Perumda TBW, Sukabumi, Jawa Barat, pada Rabu, 1 September 2021.

MoU ini ditandatangani oleh Direktur Perumda TBW, Ir. Abdul Kholik Fajdawani, M.M, Presiden Direktur SUPRA Internasional, Adhi Pramudito, S.T., M.T. dan Chief Executive Officer WI.Plat, SangHoon Cha. Ruang lingkup kerjasama tersebut bertujuan untuk kontribusi penyelesaian masalah kebocoran air wilayah Sukabumi menggunakan teknologi inovatif WI.Plat bekerjasama dengan SUPRA Internasional dengan menerapkan teknologi pada Perumda TBW.

WI.Plat adalah usaha in-house K-water (Badan pemerintah untuk pengembangan sumber daya air yang komprehensif dan menyediakan air publik dan industri di Korea Selatan). WI.Plat bekerjasama dengan PT SUPRA Internasional Indonesia, perusahaan pengelola sumber daya air terintegrasi yang berasal dari Indonesia, sebagai mitra utama pengembangan teknologi WI.Plat dalam memperkenalkan teknologi Non Revenue Water Management kepada perusahaan air minum (PDAM) di Indonesia. SUPRA berkomitmen untuk dapat memperkenalkan dan mengimplementasikan Pengelolaan NRW berbasis teknologi WI.Plat dalam rangka menurunkan tingkat NRW di Indonesia dengan sistem yang lebih cepat dan efisien.

Pilot project pertama akan dilaksanakan di Kota Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia bekerjasama dengan Perumda Air Minum Tirta Bumi Wibawa di 2 (dua) District Metered Area (DMA) dengan total 4000 sambungan.

CEO WI.Plat (juga berafiliasi dengan K-water) memiliki pengalaman penuh dalam mengelola pekerjaan air serta masalah kebocoran. CEO WI.Plat, Mr. Cha menambahkan: “Pentingnya mengamankan sumber daya air semakin ditekankan karena seringnya terjadi cuaca abnormal akibat perubahan iklim. WI.Plat adalah perusahaan rintisan dengan teknologi inovatif untuk mengelola kebocoran air pada sistem penyediaan air. Karena sumber daya air tambahan dapat diamankan dari pengurangan kebocoran air, teknologi manajemen kebocoran air sangat penting untuk mengatasi tantangan perubahan iklim. Melalui kerjasama teknis antara WI.Plat, SUPRA International dan Perumda TBW ini, tiga pihak akan berusaha menyelesaikan masalah kebocoran air Sukabumi di Jawa Barat, Indonesia, dan membantunya menjadi smart city yang tahan terhadap perubahan iklim. Kota Sukabumi diharapkan dapat menjadi contoh kerjasama teknis yang baik dan membantu membangun kota pintar lainnya di Indonesia.”

Proyek percontohan ini terutama difokuskan pada adopsi teknologi yang memungkinkan pengelolaan kebocoran air digital berbasis data dengan menerapkan “Sistem Manajemen Kebocoran Air Cerdas” pada bidang pengelolaan air wilayah Sukabumi sebagai bagian dari program Creative Technology Solution (CTS) yang didukung oleh Korea International Cooperation Agensi (KOICA).

Proyek percontohan ini terutama difokuskan pada adopsi teknologi yang memungkinkan manajemen kebocoran air digital berbasis data dengan menerapkan “Sistem Manajemen Kebocoran Air Cerdas”

Teknologi WI.Plat memudahkan Perusahaan Air Minum untuk dapat menemukan titik-titik kebocoran air, yang pada akhirnya dapat membantu PDAM untuk dapat melakukan pekerjaan perbaikan secara efisien guna meningkatkan pelayanan kepada pelanggan dan menghemat air serta melindungi sumber daya air yang berharga .

Perumda Tirta Bumi Wibawa Kota Sukabumi yang memiliki sekitar 20.000 sambungan air, terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan dengan melakukan berbagai upaya dan pengembangan, antara lain dalam rangka menekan jumlah Air Non Pendapatan atau Air yang Tidak Ditagih. Kota Sukabumi dengan tingkat kehilangan air yang cukup tinggi akan menjadi lokasi pilot project penerapan sistem pengelolaan NRW dengan target pengurangan kehilangan air di 2 (dua) Daerah Meteran Kecamatan.

Program ini akan dilaksanakan selama 12 bulan sebagai bagian dari program Creative Technology Solution (CTS) yang didukung oleh Korea International Cooperation Agency (KOICA), dengan target penurunan Minimum Night Flow rate sebesar 30% di 2 DMA yang menjadi pilot project daerah. Tim Water Loss Reduction yang dibentuk oleh TBW – WI.Plat – SUPRA akan bersama-sama mendeteksi kebocoran air menggunakan aplikasi NELOW dan sensor M1 dengan teknologi WI.Plat yang terhubung melalui smartphone. Tim akan bekerja untuk menemukan kebocoran dan kemudian melakukan analisis komputasi melalui Artificial Intelligence untuk menentukan titik air dan melakukan upaya untuk memperbaiki kebocoran. Selanjutnya, para pihak akan melakukan penilaian kinerja untuk mengevaluasi tingkat NRW setelah pilot project dilakukan

Comments are closed.

  • Comprehensive Water Resources Management Services Company

  • Media Sosial

    facebook
    linkedin
    youtube
    twitter
  • Siapa sedang Aktif

    4 pengunjung sedang aktif sekarang
    1 tamu, 3 bot, 0 anggota
Call Now Button