Uji Pemompaan⁣ dan Pemilihan Pompa Sumur Air

Tes pemompaan untuk proyek sumur air: penilaian karakteristik akuifer dan kapasitas sumur air

Uji pemompaan adalah suatu metode pengukuran aliran air yang didasarkan pada pengamatan kontinuitas sumber air dan ketersediaan air dari sumber itu sendiri. Uji pemompaan melibatkan pemompaan dari sumur uji pada laju yang terkontrol dan memantau laju aliran dari sumur. Parameter akuifer yang dapat ditentukan antara lain transmissivitas (T), konduktivitas hidrolik (K), dan storativitas (S). Performa sumur ditentukan menggunakan uji step drawdown. Kinerja sumur yang dapat diukur adalah koefisien kehilangan dan kehilangan akuifer, efisiensi sumur, kapasitas spesifik, faktor pengembangan sumur, dan laju pemompaan yang optimal.

Beberapa kemungkinan pengukuran debit kondisi dengan uji pemompaan meliputi:

  • Jika perbandingan kedua kondisi ini (laju tetesan air pada saat pemompaan terhadap laju kenaikan air selama pemulihan) adalah 1 maka debit sumber = debit air debit pompa (keluaran pompa).
  • Jika laju tetesan air selama pemompaan lebih besar dari laju kenaikan air selama pemulihan, berarti debit sumber lebih kecil dari debit pompa (keluaran).
  • Jika laju penurunan air permukaan selama pemompaan lebih kecil dari laju kenaikan air permukaan selama pemulihan, berarti debit sumber lebih besar dari debit pompa (keluaran).

Informasi Tes Pemompaan dan Klaim: Tes aliran yang diselesaikan tidak dianggap akurat kecuali kontraktor menggunakan pompa submersible yang sebenarnya untuk menyelesaikan tes pemompaan yang sebenarnya. Umumnya. Sumur air sering mengalami peningkatan aliran yang signifikan selama beberapa minggu pertama penggunaan. Peningkatan ini dapat dan harus dipercepat dengan mengembangkan sumur sebelum digunakan. Setelah sumur berkembang dengan baik atau setelah beberapa minggu digunakan, tes pompa harus diselesaikan. Tes pompa ini akan menjadi penilaian aliran yang jauh lebih akurat daripada tes aliran awal yang diselesaikan oleh pembor

 

Test Pumping - Uji Pemompaan Sumur Air

Pengukur Aliran Ultrasonik untuk Uji Pemompaan Sumur Air

SUPRA menggunakan flowmeter non-invasif ultrasonik dari Katronic, UK untuk uji pemompaan. Ini menggunakan prinsip pengiriman dan penerimaan pulsa ultrasonik dari sepasang sensor dan memeriksa perbedaan waktu dalam sinyal. Perangkat ini menggunakan transduser penjepit yang dipasang secara eksternal pada permukaan pipa dan menghasilkan pulsa yang melewati dinding pipa. Cairan yang mengalir dengan in menyebabkan perbedaan waktu pada sinyal ultrasonik, yang kemudian dievaluasi oleh flowmeter untuk menghasilkan pengukuran aliran yang akurat.

Pemilihan Pompa Submersible

Untuk setiap pompa, masalah yang harus dievaluasi meliputi biaya awal, biaya pemasangan, biaya operasi, biaya pemeliharaan, dan umur peralatan yang diharapkan. Pemilihan komponen sistem yang tepat dapat memastikan kinerja sistem, tetapi kondisi yang berubah terkadang membenarkan pengubahan atau pemilihan kembali komponen untuk mempertahankan operasi yang ekonomis. Kisaran kondisi pengoperasian yang diharapkan harus diperiksa terhadap informasi produsen pompa untuk memastikan pengoperasian yang andal, termasuk kisaran suhu udara dan air sekitar, tekanan, aliran, faktor korosif dan abrasif, variasi catu daya, siklus kerja, dan perangkat pelindung. Pompa harus dipasang sesuai dengan petunjuk pabrikan.

Pengoperasian pompa secara kontinu umumnya lebih disukai daripada pengoperasian yang terputus-putus, tetapi permintaan air yang bervariasi biasanya memerlukan kombinasi waktu mati dan tepat waktu. Untuk meningkatkan kinerja sumur dan umur pompa, komponen sistem dan kapasitas penyimpanan harus dirancang untuk meminimalkan jumlah hidup dan matinya pompa per hari. Pada saat yang sama, pompa harus diberi ukuran dan disetel sehingga tidak akan pernah bekerja bahkan selama beberapa menit saat “tidak ada pengiriman”, karena hal ini akan menyebabkan kerusakan pada bantalan pompa karena panas berlebih dan kegagalan motor submersible. Jika penarikan sumur atau sistem pengiriman menyebabkan pompa bekerja sedikit atau tidak ada pengiriman, pompa harus diberi perlindungan. Perlindungan ini dapat mencakup sakelar ketinggian yang akan mematikan pompa atau membunyikan alarm jika aliran atau ketinggian air turun di bawah level minimum yang aman. Pemeliharaan rutin sering kali ditentukan oleh pabrikan dan akan mencakup bantalan pelumas, pemeriksaan polaritas, dan pemeriksaan kesejajaran.

Biaya untuk pompa submersible bergantung pada kedalaman pengaturan, head dan kapasitas yang dibutuhkan, ketahanan korosi, dan faktor lainnya. Biaya pengoperasian akan bergantung pada efisiensi motor, bantalan kolom, kehilangan hidraulik, kehilangan kabel, kedalaman pengaturan, dan faktor serupa. Analisis menyeluruh dari semua faktor harus dilakukan untuk membandingkan pompa sumur dalam permukaan dan pompa submersible yang digerakkan motor untuk instalasi tertentu. Kami akan membantu Anda mengonfigurasi sistem pompa submersible berkualitas tinggi dan efisiensi tinggi secara optimal untuk pasokan air Anda, mengadakan kursus pelatihan teknis, dan menganalisis / memperbaiki pompa submersible Anda. Teknisi pompa kami juga menawarkan berbagai layanan dengan membantu Uji Penerimaan Pabrik dan Uji Penerimaan Lokasi untuk pompa submersible, bekerja sama dengan layanan uji pompa kalibrasi kami. Serta mengeluarkan Certificate of Manufacture dari produsen pompa submersible. Dengan memberikan garansi internasional dan bantuan teknis dari pembuatan pompa submersible, kami memastikan layanan berkualitas tinggi untuk klien kami

  • Comprehensive Water Resources Management Services Company

  • Media Sosial

    facebook
    linkedin
    youtube
    twitter
  • Siapa sedang Aktif

    4 pengunjung sedang aktif sekarang
    2 tamu, 2 bot, 0 anggota
Call Now Button